SHINee

Shinee (umumnya ditulis sebagai SHINee adalah boy band Korea Selatan yang beraliran R&B kontemporer. Dibentuk SM Entertainment pada tahun 2008, Shinee terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Penampilan pertama mereka pada 25 Mei 2008 dalam acara Popular Songs di SBS. Mereka membawakan singel promosi, “Noona Neomu Yeppeo (Replay)” (“누난 너무 예뻐 (Replay)”). Nama SHINee merupakan kombinasi dari shine dan ee yang berarti “menerima cahaya” atau “menerima perhatian”.

Shinee memiliki acara realitas sendiri yang diproduksi berdasarkan tema lagu “Noona Neomu Yeppeo (Replay)”. Mereka juga populer di kalangan generasi muda dengan gaya berbusana mereka. Kostum yang dikenakan Shinee dirancang desainer Ha Sang Baek (하상백). Sepatu kets hingga mata kaki, jins ketat, dan baju hangat berwarna-warni. Kalangan pelajar meniru gaya berpakaian Shinee yang disebut media massa sebagai “tren Shinee”.

Penampilan Pertama

Pada akhir Mei 2008, media massa mulai memberitakan tentang adanya grup baru dari SM Entertainment yang diberi nama Shinee. Setelah dirilis pada 23 Mei 2008, album mini pertama Shinee Replay masuk ke urutan nomor 10 tangga lagu Korea sebelum terhenti di urutan nomor delapan. Album mini Replay terjual 17.957 kopi pada paruh pertama tahun 2008.

Pada 7 Juni 2008, Shinee berpartisipasi dalam Dream Concert di Stadion Olimpiade Seoul bersama artis-artis Korea lainnya seperti Epik High, Girls’ Generation, Super Junior, TVXQ, dan Wonder Girls. Penghargaan “Artis Pendatang Baru Bulan Ini” didapat mereka dari Cyworld Digital Music Award, 22 Juni 2008. Shinee ambil bagian dalam SMTown Live ’08 yang diadakan pada tanggal 18 Agustus 2008. Mereka tampil bersama rekan-rekan sesama SM Entertainment seperti BoA, Cheon Sang Ji Hee the Grace, Girls’ Generation, Super Junior, dan TVXQ. Pada 23 Agustus 2008, Shinee menghadiri upacara penyerahan MNet’s 20’s Choice Awards 2008, dan meraih penghargaan “Bintang Baru Terpanas”.

Album lengkap pertama dari Shinee adalah The Shinee World, dirilis pada tanggal 28 Agustus 2008. Album tersebut langsung masuk urutan ke-3 tangga album Korea dan terjual sebanyak 30.000 kopi.

Singel pertama yang dikeluarkan dari album The Shinee World adalah “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” (산소 같은 너 Love Like Oxygen) yang pernah dibawakan oleh Martin Hoberg Hedegaard dengan judul “Show the World”. Lagu “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” mulanya diciptakan oleh tim produksi dan penulis lagu asal Denmark yang terdiri dari Thomas Troelsen, Remee, dan Lucas Secon. Pada 18 September 2008, Shinee’s “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” menjadi lagu nomor satu di M! Countdown. Beberapa hari kemudian, Shinee menerima penghargaan “Mutizen” untuk singel “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” dalam acara SBS Popular Songs. Selanjutnya, Shinee ikut serta dalam Festival Lagu Asia ke-5, dan mendapat penghargaan “Artis Baru Terbaik” bersama grup penyanyi wanita asal Jepang, Berryz Kobo.

Pada 30 Oktober 2008, Shinee merilis album Amigo yang merupakan pengemasan ulang dari album The Shinee World. Ke dalam album Amigo dimasukkan tiga lagu baru: “Forever or Never”, remix dari “Sa. Gye. Han (Love Should Go On)” (사.계.한), dan singel promosi “A.Mi.Go (Amigo)” (아.미.고). “A.Mi.Go” adalah singkatan dari frasa berbahasa Korea: “Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda” (아름다운 미녀를 좋아하면 고생한다 arti harfiah: Hati Jadi Sakit Ketika Kamu Jatuh Cinta Dengan Si Cantik). Pada 15 November 2008, Shinee meraih penghargaan “Artis Pria Pendatang Baru Terbaik” pada Festival Musik MNET KM ke-10, menyisihkan pendatang baru lainnya seperti U-Kiss, 2PM, 2AM, dan Mighty Mouth. Pada upacara penyerahan tahunan Golden Disk Awards ke-23, Shinee membawakan lagu-lagu secara medley, “Noona Neomu Yeppeo (Replay)”, “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)”, dan “A.Mi.Go (Amigo)”.

Album Mini Romeo dan 2009, Year Of Us

SM Entertainment mengumumkan Shinee akan merilis album mini kedua pada 21 Mei 2009. Singel pertama “Juliette” diedarkan pada tanggal 18 Mei 2009. Namun, diumumkan kembali kalau kemunculan Shinee harus ditunda karena gigi depan Onew cedera, dan album mini kedua harus ditunda sampai tanggal 25 Mei 2009. Shinee akhirnya benar-benar kembali dalam acara Music Bank di KBS, 5 Juni 2009. Di album Romeo juga, Micky Yoochun menciptakan lirik rap pada lagu “Senorita”.

Shinee merilis album mini ketiga mereka,2009, Year Of Us pada 19 Okober 2009, tepatnya 5 bulan setelah mereka merilis album mini terakhir mereka. Singel yang dijagokan dari album mini ini adalah “Ring Ding Dong” yang dirilis secara digital pada tanggal 14 Oktober. Comeback pertama mereka dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2009 di acara KBS Music Bank. Pada awal Desember 2009, Shinee memenangkan “Popularity Award” bersama dengan grup yang satu manajemen dengan mereka, Super Junior, pada acara Golden Disk Awards ke-24. Pada bulan Februari 2010 mereka juga memenangkan “Bonsang Award” di Seoul Music Awards ke-19.

Album Kedua Lucifer dan Album Repackage Hello

Delapan bulan setelah album mini ketiga mereka dirilis, SM Entertainment memunculkan foto teaser dari setiap member untuk album baru mereka, dimulai dari Minho pada 8 Juli 2010 sampai dengan tanggal 12 Juli 2010, yang diakhiri dengan Key. Group ini telah merencanakan kembalinya mereka di panggung KBS Music Bank pada tanggal 16 Juli 2010, untuk memulai promosi album baru mereka. Namun, disebabkan oleh cedera Minho pada saat syuting Dream Team 8 Juli, penampilan mereka ditunda hingga 23 Juli. Album penuh kedua dengan judul Lucifer, dijadwalkan rilis pada tanggal 19 Juli di Korea Selatan.

Album Hello merupakan album repackage dari album kedua mereka, Lucifer. Album ini berisi 16 trek: 13 trek dari album Lucifer dan tambahan 3 trek baru. Trek dari album ini dirilis pada tanggal 1 oktober 2010, dan dijual di pasaran pada tanggal 4 Oktober 2010, dengan menggunakan “Hello” sebagai singel yang dijagokan. Namun, penampilan pertama lagu ini dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2010 di atas panggung KBS Music Bank. Vido klip untuk lagu ini sendiri baru dirilis pada tanggal 4 Oktober 2010.

Pada 26 Desember 2010, Shinee mengadakan konser tunggal pertama mereka, Shinee World, di Gedung Olah Raga Nasional Yoyogi, Tokyo, Jepang. Konser tersebut dihadiri oleh sekitar 24.000 pengunjung. Mereka juga meluncurkan video klip balada “Quasimodo” dari album Lucifer. Shinee juga mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan album berbahasa Jepang mereka di bawah label EMI Music Jepang, label rekaman yang sama dengan penyanyi dan penulis lagu asal Jepang, Hikaru Utada.

SHINee World The 1st Concert dan Debut Bahasa Jepang

Pada tanggal 1 dan 2 Januari 2011, Shinee mengadakan konser yang merupakan bagian dari konser Shinee World di Stadion Taman Olimpiade, Seoul . Sebelumnya, Shinee mengadakan konferensi pers dan menyatakan bahwa mereka akan membuat album di Jepang pada Maret 2011 berkaca dari kesuksesan mereka di Jepang tahun 2010. Pada 16 Mei 2011, EMI Music Jepang meluncurkan teaser singel Shinee berbahasa Jepang berjudul “Replay” lewat kanal YouTube resmi mereka. Singel tersebut akan dirilis pada tanggal 22 Juni 2011 di Jepang. Mereka juga mengambil bagian dalam konser tur SMTOWN yang diadakan di Paris bersama dengan grup band Super Junior, f(x), TVXQ dan Girls’ Generation pada tanggal 10 dan 11 Juni 2011.

Shinee pernah menjadi bintang dalam acara realitas, Shinee’s YunHaNam di televisi kabel MNet. Acara ini hanya berlangsung 12 episode dari 8 Agustus 2008 hingga 16 Oktober 2008. Dalam setiap episode, anggota Shinee ditugaskan untuk berkencan dengan wanita yang usianya berada di atas usia anggota Shinee sebelum akhirnya wanita tersebut memilih sendiri anggota yang benar-benar akan diajak kencan berdua. Shinee juga merekam lagu “Stand By Me” untuk serial drama Boys Over Flowers yang diadaptasi dari manga Boys Over Flowers oleh Yoko Kamio. Selain menjadi model iklan Smart, Shinee juga merekam lagu “Blue Pink Song” untuk promosi produk mereka. Mereka juga merekam singel digital “Bodyguard” (보디가드) untuk promosi telepon genggam Samsung Anycall. Pada tahun 2010, mereka juga menjadi bintang dalam acara Hello Baby yang ditayangkan oleh KBS.

PROFIL PERSONIL SHINee

Lee Jinki (이진기) lebih dikenal dengan Onew (온유) lahir tanggal 14 Desember 1989. Punya tinggi 177 cm dan golongan darah O. Bisa bahasa Korea, Inggris, dan Mandarin. Onew merupakan leader SHINee dan personil tertua. Bakatnya ditemukan dalam audisi “2006 S.M. Academy Casting”. Onew juga bekerja sama dengan Lee Hyun Ji, mantan anggota Banana Girl untuk lagu Hyun Ji “ Vanilla Love”. Selain itu ia juga berduet dengan Jessica Girl’s Generation di lagu “ One Year Later”. Hobinya piano. Tapi, Onew terkenal yang paling sering bikin kesalahan dan dia juga suka ngelucu. Tapi kalau humornya garing, anak SHINee lain udah siap sama nyanyiaan mereka “Mwolhaedo Onew Sangtae” yang artinya “Apapun yang dia perbuat, inilah Onew Condition”

Kim Jonghyun (김종현) atau dikenal dengan Jonghyun lahir tanggal 8 April 1990. Dia berposisi sebagai Lead Vocal di SHINee. Dia bisa main gitar, bass, dan piano dan katanya dulu pernah bikin band di sekolah sebelum gabung sama SHINee. Sebelum gabung di SHINee, ia juga pernah duet sama Zhang Liyin menyanyikan lagu “Wrongly Given Love”. Tingginya 173 cm, dia personil paling pendek. Golongan darah AB. Punya 2 kakak, 1 cewek 1 cowok. Dia pernah ikut audisi “2005 S.M. Casting System” jadilah dia gabung di SHINee sekarang. Bisa bahasa Korea, Inggris, dan Mandarin. Hobinya nonton film, popping dance, buat atau ngubah lirik dan piano. Karena suaranya yang bagus banget, Jonghyun tergabung di SM The Ballad bareng sama Kyuhyun dari Super Junior. Tapi, dia ini member yang paling gampang nangis sampai – sampai dia menjuluki dirinya sendiri dengan “Crying King-nya SHINee”. Di SHINee, dia katanya paling deket sama Key. Mereka punya kesamaan seperti fashion style, hobi, dan kadang juga sifat.

Kim Kibum(김기범) atau Key lahir tanggal 23 September 1991. Berposisi sebagai Lead rapper. Tinggi 177 cm dan golongan darah B. Hobi ski air karena dia seorang atlet ski air di Sekolah Menengah Dae Gu Young Shin. Selain itu, hobinya ngrapp dan dance. Sebelum bergabung dengan SHINee, Key pernah muncul dalam film Super Junior “Attack on the Pin-Up Boys” tahun 2007 sebagai figuran. Key juga menjadi bintang tamu untuk rekan sesama perusahaan rekaman bernama Xiah untuk album solo “Xiahtic”. Karena ketertarikan dengan dunia fashion, Key sampai deket dan sering ngobrol sama desainernya SHINee yang bernama Ha Sang Baek. Bisa bahasa Korea, Inggris, dan Mandarin. Key bisa dibilang member paling sensitive. Tapi dia juga punya sisi humor yang besar dan paling jago masak. Makanya dia disebut SHINee’s Umma. Dia juga suka film horor.Dia punya kebiasaan megang – megang hidung.

Choi Minho (최민호) atau Minho lahir 9 Desember 1991 sebagai rapper dan sub vocal di SHINee. Tingginya 181 cm dan golongan darah B. Punya 1 kakak cowok. Hobinya sepak bola, basket, baca, dan perform (?). Katanya sih gak ada yang bikin dia lebih seneng kecuali nyanyi dan nari di atas panggung. Dia paling suka baca buku tentang sport dan buku biografi. Selain itu, dia juga suka baca komik Slam Dunk dan paling ngefans sama Hisashi Mitsui. Dia bisa berbahasa Korea, Inggris, dan Mandarin. Dia pinter main basket dan sepak bola. Keturunan kali ya ? soalnya ayahnya pelatih sepak bola jadi dia dan kakaknya udah diajarin main sepak bola sejak kecil. Minho suka banget main Winning Eleven. Winning Eleven itu game sepak bola gitu.  Minho punya kebiasan MELET (?) hahaha. Dia juga personil yang paling banyak makan katanya.  Minho itu member paling suka diem tapi pikirannya dewasa. Ia gabung di SHINee karena ditemukan dalam audisi “2006 S.M. Casting System”. Sebelum gabung di SHINee, dia itu seorang model produk busana “Seoul Collection F/W 08-09” dari Ha Sang Baek pada Maret 2008. Dia juga menjadi model video klip Gee dari Girls Generation.

Lee Taemin atau Taemin lahir tanggal 18 Juli 1993. Golongan darahnya B. Tinggi dan beratnya 175 cm dan 50 kg. Bahasa yang dikuasai sama kayak member lain, Korea, Inggris, dan Mandarin. Punya 1 kakak cowok namanya Lee Taesun. Hobinya dengerin musik, popping dance, dan piano. Taemin ngefans sama Michael Jackson. Dia juga sama Harry Potter dan ngefans sama Emma Watson. Dia pingin keliling dunia lho. Hihihi. Dia member yang paling suka dijailin waktu tidur. Onew sering nakut – nakutin dia, dan yang lain suka ngegelindingin Taemin waktu tidur. Taemin member paling polos dan paling takut sama serangga. Taemin pernah akting di komedi situasi MBC TaeHee HyeGyo JiHyun (태희혜교지현이) sebagai Junsu. Dia bergabung di SHINee karena menikuti audisi juga. Dia mengikuti audisi “2005 S.M. Open Weekend Audition Casting”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: